Program Pilot DIO untuk Guru (Program Baru dari Padamu Negeri)

PADAMU DIKLAT INTERAKSI ONLINE (PADAMU DIO)
Program DIO merupakan bagian dari PKB (Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan) secara Online bagi seluruh Guru dan Kepala Sekolah mulai tahun 2015 nanti. Sebagai rintisan dan persiapan awal akan dilaksanakan Pilot DIO secara terbatas yang berlangsung mulai 15 Desember 2014 hingga 30 Desember 2014. 

Pada Pilot DIO 2014 akan melibatkan 50an sekolah inti KKG/MGMP sebagai PB (Pusab Belajar) yang tersebar di beberapa kab/kota. Sekolah inti KKG/MGMP adalah sebagai tempat PB (Pusat Belajar) berkumpulnya para peserta DIO (maksimal 25 peserta per PB) khususnya saat sesi video conference berlangsung. Jadwal video conference ditentukan oleh para pengajar kelas Pilot DIO yang berasal dari 6 P4TK, antara lain: P4TK Bahasa, P4TK IPA, P4TK Penjas-BK, P4TK TK-PLB, P4TK PPKN-IPS, dan P4TK BOE.


PROSEDUR PENDAFTARAN PESERTA PILOT DIO 2014

Program Pilot DIO akan dilaksanakan selama 2 (dua) minggu, mulai tanggal 15 Desember 2014 hingga 30 Desember 2014. 
Untuk pilot DIO ini sementara dibatasi untuk beberapa wilayah sekolah inti KKG/MGMP sebagai tempat berkumpulnya para Guru Peserta Pilot DIO sesuai Mapel dan Jenjang dari Kelas DIO yang ditawarkan oleh 6 (enam) P4TK sebagai pusat pengajarnya. Kapasitas kuota setiap sekolah inti (pusat belajar) maksimal 25 peserta.

Untuk saat ini masih tersedia alokasi 500 peserta baru melalui jalur ajuan mandiri (lihat gambar alokasi terlampir). Sistem Padamu otomatis akan mengundang para calon peserta apabila memenuhi persyaratan yang berlaku (lihat contoh undangan terlampir). Sistem Padamu akan menutup pendaftaran otomatis apabila telah memenuhi kuota maksimal.

Persyaratan bagi para calon peserta Pilot DIO, sbb:

  1. Fungsi PTK adalah Pendidik (Guru) dan memiliki PegID/NUPTK aktif (bintang 4 hijau) semester 1 periode 2014/2015 (sementara hanya untuk para guru naungan Kemdikbud). 
  2. Mapel utama yang diampu dan jenjang sekolah bertugas sesuai dengan Kelas Pilot DIO yang tersedia.
  3. Berdomisili dalam satu kab/kota dengan sekolah inti KKG/MGPMP lokasi PB (Pusat Belajar).
  4. Mampu mengoperasikan Komputer dan Internet serta memiliki perangkat PC/Laptop dan pendukung lainnya secara mandiri.
Prosedur Ajuan Calon Peserta di Padamu Negeri
  1. PTK (Guru) login ke Padamu Negeri menggunakan akun masing-masing. 
  2. Klik menu DIO (menu otomatis muncul bila terundang oleh sistem)
  3. Jika belum terdaftar silakan klik tombol ajuan, ikut prosesnya hingga cetak surat ajuan.
  4. ika sudah terdaftar silakan klik tombol cetak surat ajuan, serahkan ke Admin Dinas untuk mendapatkan surat ijin mengikuti Pilot DIO dari pihak Dinas.
Pengajuan kepersertaan Diklat Online
Kepesertaan Guru untuk mengikuti kegiatan pembelajaran dalam Program DIO diajukan secara mandiri melalui aplikasi SIAP PADAMU NEGERI. Adapun prosedur pengajuannya dapat dilihat pada diagram alir berikut :
Tahap melakukan pengajuan kepesertaan melalui aplikasi Padamu Negeri adalah sebagai berikut :

1. Akses ke laman Padamu Negeri, dan login menggunakan akun Padamu PTK yang Anda miliki

2. Pilih menu DIO pada menu layanan dan klik tombol AJUAN PESERTA yang tertera pada laman kerja utama
3. Pilih PUSAT BELAJAR (PB) yang hendak Anda ikuti beserta jadwal kegiatannya. Dan klik tombol BENAR & LANJUT jika telah sesuai

4. Periksalah kembali ajuan Anda, Anda akan di beri 3 opsi pilihan yaitu :
BATAL – untuk melakukan pembatalan pengajuan
PILIH DIO LAIN – untuk melakukan perubahan kelas dan jadwal
SIMPAN – apabila Anda merasa ajuan Anda sudah benar



5. Cetaklah surat ajuan untuk kemudian mendapatkan persetejuan dari pihak yang berwenang. 


6. Apabila Anda telah selesai, maka dashboard akan menampilkan status ajuan Anda. Anda masih dapat melakukan proses pembatalan SELAMA DINAS BELUM MELAKUKAN PERSETUJUAN.

7. Periksalah status ajuan Anda secara berkala, apabila telah mendapatkan persetujuan oleh Dinas maka tampilan laman ajuan Anda akan berubah seperti tampak pada gambar di bawah ini.

0 komentar:

Post a Comment